Menggunakan Kamera Telepon Pintar Android di Modul Keanggotaan SLiMS

Sudah jamak kita tahu bahwa modul Keanggotaan (Membership) di SLiMS (Senayan Library Management System) sudah mendukung pengambilan gambar atau foto langsung menggunakan webcam sejak versi Meranti. Dengan berbagai “muslihat” modul Keanggotaan SLiMS juga bisa memanfaatkan kamera saku untuk pengambilan gambar. Nah, kali ini acara “tipu-menipu” kita akan lanjutkan dengan memanfaatkan kamera di telepon pintar Android agar bisa digunakan dalam pengambilan gambar di modul Keanggotaan SLiMS. Dasar hal ini adalah pemanfaatan IP Webcam.

Nah, apa yang kita butuhkan hanyalah koneksi jaringan nirkabel alias wireless, karena pastilah untuk digunakan sebagai koneksi antara klien SLiMS dengan telepon pintar Android –kecuali sudah ada Android yang bisa menggunakan jaringan berkabel. Lalu pastikan telepon pintar tersebut menggunakan Android versi 2.2 atau yang lebih tinggi (saya sendiri menggunakan versi 4.0 a.k.a ICS). Berikut di telepon pintar tersebut pasangi dengan aplikasi IP Webcam. Jangan lupa untuk komputer atau laptop yang berfungsi sebagai klien SLiMS dan akan memanfaatkan kamera telepon pintar Android, harus memasang aplikasi IP Camera Adapter.

Laman IP Webcam di Google Play

Laman IP Webcam di Google Play

Setelah semua keperluan di atas terpasang dengan baik, berikutnya lakukan konfigurasi di sisi telepon pintar Android dengan menjalankan aplikasi IP Webcam. Pada bagian IP Webcam Settings mulailah dengan Video Preferences. Di sini bisa dilakukan pengaturan Video resolution dan Photo resolution. Jangan lupa untuk memilih pengaturan resolusi yang sesuai dan proporsional. Lakukan pula pengaturan kualitas video di Quality dan jumlah frame per second di FPS Limit.

Laman IP Webcam settings

Laman IP Webcam settings

Pengaturan Video Preferences

Pengaturan Video Preferences

Pengaturan Video Preferences lanjutan

Pengaturan Video Preferences lanjutan

Kemudian beralih pada pengaturan Power Management yang berkaitan dengan bagaimana cara aktif atau tidaknya IP Webcam. Masuk pada Connection Settings, pilih kombinasi Login/password untuk mengamankan koneksi. Tak lupa pula pilih nilai Port yang bisa digunakan. Sampai di sini, telepon pintar Android sudah bisa dihubungkan ke jaringan nirkabel yang akan menghubungkan ke klien SLiMS. Nah, kira-kira dengan pengaturan yang minimalis seperti itu, layanan IP Webcam sudah bisa dimulai dengan menyentuh Start server di bagian paling bawah menu.

Laman Power Management

Laman Power Management

Pengaturan koneksi ke jaringan

Pengaturan koneksi ke jaringan

Pengaturan login dan password

Pengaturan login dan password

Tombol untuk memulai layanan IP Webcam

Tombol untuk memulai layanan IP Webcam

Saat layanan IP Webcam sudah berhasil dijalankan, catat alamat IP yang digunakan oleh IP Webcam. Pada contoh ini tercatat alamat IP yang digunakan IP Webcam adalah 192.168.0.5 dan port 33366.

Layanan IP Webcam dimulai

Layanan IP Webcam dimulai

Pengaturan di komputer atau laptop yang akan menjalankan modul Keanggotaan SLiMS cukup mudah. Pastikan komputer atau laptop tersebut sudah terhubung ke jaringan nirkabel yang sama dengan telepon pintar Android tadi. Jalankan aplikasi Configure IP Camera Adapter dari menu Start untuk mengatur parameter MJPEG Properties.

Ikon Configure IP Camera Adapter

Ikon Configure IP Camera Adapter

Berikut berbagai parameter yang perlu diisikan pada MJPEG Properties. Pada Camera feed URL isikan dengan format http://[alamat_IP]:[nomor_PORT]/videofeed. Sehingga berdasar contoh alamat IP dan nomor port yang saya gunakan, maka yang diisikan adalah http://192.168.0.5:33366/videofeed. Selanjutnya masukkan nama Username dan Password sesuai yang telah diatur sebelumnya. Terakhir, klik tombol Autodetect untuk melakukan pengecekan otomatis.

Pengaturan IP Webcam Adapter

Pengaturan IP Webcam Adapter

Bila telah berhasil terhubung, mestinya akan muncul pesan seperti di bawah ini.

Pesan sukses terhubung ke telepon pintar Android dan bisa menerima gambar

Pesan sukses terhubung ke telepon pintar Android dan bisa menerima gambar

Nah, langkah terakhir tinggal melakukan pengaturan aplikasi Take-a-Photo di modul Keanggotaan SLiMS. Tapi sebelumnya jangan lupa mengaktifkan fitur tersebut di SLiMS. Kalau sudah, lakukan login sebagai pustakawan di SLiMS, masuk ke modul Keanggotaan dan lakukan penambahan anggota baru. Pada baris isian Foto, di atas kotak dan pilih Settings…. Masuk pada pengaturan Camera, pilih MJPEG Camera dan klik Close. Cobalah mengklik Load Camera.

Pengaturan aplikasi Take-a-Photo

Pengaturan aplikasi Take-a-Photo

Memilih MJPEG Camera

Memilih MJPEG Camera

Tampilan Take-a-Photo dengan kamera telepon pintar Android

Tampilan Take-a-Photo dengan kamera telepon pintar Android

IP Webcam di Android bisa digunakan untuk mengatur fokus dan menyalakan lampu flash kamera. Tapi yang perlu dicatat adalah IP Webcam bisa boros dalam penggunaan baterai. Dan aplikasi IP Webcam Adapter hanya bisa digunakan di sistem operasi Windows. Selamat mencoba!

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

You may also like...

1 Response

  1. sigit says:

    kalau ada tutorial video nya biar lebih jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *