Bikin Pemutar Multimedia dengan Raspberry Pi

Paket Raspberry Pi PCBA Model B dkk sudah ada sejak hari Selasa kemarin, tapi sampai Jum’at kemarin belum juga diotak-atik. Hingga akhirnya di Sabtu pagi saya melakukan proyek pertama dengan Raspberry Pi, yakni membuat pemutar multimedia (Multimedia Player). Alhamdulillah, berbekal semua peralatan yang sudah saya pesan sebelumnya di sini ditambah dengan satu televisi yang memiliki satu port masukkan HDMI, tidak ada aral melintang dalam percobaan kali ini.

Saya mulai dengan menulis berkas image Raspbmc ke kartu SD. Kemudian memasangkan kartu SD tersebut ke Raspberry Pi. Selanjutnya menancapkan papan ketik plus air mouse nirkabel ke Raspberry Pi. Berikut menghubungkan Raspberry Pi ke televisi via HDMI. Terakhir menyalakan televisi dan menancapkan adaptor MicroUSB ke Raspberry Pi.

Perangkat Raspberry Pi dan kawan-kawan

Perangkat Raspberry Pi dan kawan-kawan

Setelah langkah di atas saya jalankan, konfigurasi akan berjalan otomatis. Raspberry Pi akan melakukan restart dan terakhir akan diminta untuk memilih bahasa antarmuka.

Pemilihan bahasa antarmuka

Pemilihan bahasa antarmuka

Untuk menguji, saya tancapkan satu USB flash disk yang berisi beberapa buah berkas berformat .MKV dan .MP4. Hasilnya? Semuanya dijalankan dengan baik.

Tampilan utama

Tampilan utama

Pilih berkas untuk diputar

Pilih berkas untuk diputar

Menu utama saat berkas sedang diputar

Menu utama saat berkas sedang diputar

Tampilan bilah alat

Tampilan bilah alat

.

Selamat mencoba!

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

You may also like...

2 Responses

  1. reno arifin says:

    gan, kalau penerapan raspberry untuk player mp4, tp bisa autoplay tanpa masuk ke tampilan os nya terlebih dahulu, apa ribet bikinnya?
    oh ya, dan mendukung untuk repeat video
    saya butuh secepatnya, jika ada yg bisa membantu 08574348050 reno

    • sutriadi says:

      Setahu saya tidak ribet. Yang pastinya harus masuk OS dulu karena raspberry dijalankan via OS. Tapi mungkin yang dimaksud adalah masuk ke playernya. Kalo demikian yg dimaksud, bisa saja kayaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *