Dari Summoners War, Phonegap hingga Arduino

Dalam selang beberapa bulan terakhir ini ada banyak hal yang saya coba dan geluti. Yang pertama adalah permainan bertema RPG untuk platform Android, yaitu Summoners War (SW). Di balik hingar-bingarnya permainan jenis strategi yang dimainkan di segala umur, yaitu Clash of Clans (CoC), saya memilih permainan yang tidak populer. Permainannya tidak melelahkan, karena tidak menuntut banyak waktu karena kegiatan dibatasi jumlah energi. Plotnya bagus dengan adanya mode skenario, dungeon dan trial of ascension. Dan kemungkinan tidak lama lagi akan ada guild battle.

Dari sisi pengembangan piranti lunak, saya mencoba-coba Apache Cordova atau Phonegap untuk pengembangan aplikasi mobile berbasis HTML. Ya, saya tidak tahu-menahu tentang bahasa Java dan hanya mengetahui HTML/CSS/JS. Cordova atau Phonegap memberikan kesempatan bagiku untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis HTML. Sebenarnya saya sudah mencoba Xamarin dengan basis bahasa C#, tapi untuk hal yang satu ini nampaknya akan butuh waktu yang agak lama dalam menguasainya.

Dari sisi perangkat keras, saya sudah mengaplikasikan RFID untuk aplikasi peminjaman mandiri untuk buku dan sedang mengimplementasikan untuk pengembalian mandiri. Mudah-mudahan akan bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama lagi.

Selain RFID, saya mencoba Arduino. Sudah beberapa aplikasi sederhana yang saya buat. Dan nampaknya untuk Arduino –dan juga Raspberry Pi– saya akan punya banyak ide yang bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi.

Saya berharap, bisa menulis beberapa artikel terkait Summoners War, Apache Cordova / Phonegap, RFID atau Arduino / Raspberry Pi di blog ini. Semoga kesampaian dan semuanya bermanfaat bagi kita semua.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *