OnePlus One Datang, Redmi 1S Pergi

Kemarin sore saya menerima paket yang berisi OnePlus One hasil penjualan preorder dari Lazada. Dua hari sebelumnya saya menerima asesorisnya terlebih dahulu, berupa satu flip cover dan tempered glass. Tidak menunggu lama, langsung dicoba pastinya. Tidak banyak yang saya coba, namun yang pastikan terlebih dahulu adalah fitur NFC. Hasilnya bagus. NFC OnePlus One berhasil membaca data foto dalam KTP juga mengidentifikasi jenis kartunya. Saya juga mencoba gunakan pembaca NFC OnePlus One dengan beberapa tag RFID produk RapidAccess. Untuk hal ini tidak berhasil, karena produk RapidAccess ternyata berjalan dalam Ultra-High Frequency, sedangkan NFC beroperasi pada High Frequency.

Tadi siang, hal tak terduga terjadi pada perangkat Xiaomi Redmi 1S milik isteri saya. Kedua anak saya bermain-main dengan perangkat tersebut sementara saya berada di tetangga untuk melayat ke rumah duka hingga ke mengantar pekuburan dan isteri saya bekerja. Pulang dari penguburan, saya dan isteri harus mencari Redmi 1S dengan cara menelepon karena tidak tahu di mana anak-anak menaruhnya. Dan ternyata, saking asyiknya kedua anak saya bermain, Redmi 1S pun telah berada di dalam bak mandi yang penuh air. Waduh! Akibatnya layar Redmi 1S tidak bisa menyala lagi dan tampaknya memang harus diganti. Pikir dipikir, ada baiknya Redmi 1S tersebut tidak bisa beroperasi lagi agar anak-anak tidak sering bermain dengan telepon genggam. Dan untuk pengganti Redmi 1S mungkin adalah telepon genggam biasa.

Sore harinya, paket saya yang lain tiba. Paket tersebut berisi Nano/Micro SIM Cutter. Dengan perangkat ini saya memotong kartu SIM saya untuk digunakan di OnePlus One. Ternyata kartu SIM saya terlalu besar dan hanya cukup untuk dipotong hingga ke ukuran Micro SIM. Padahal pada kemasannya saya lihat ukuran tray holder yang tersedia di luar adalah untuk Nano SIM. Untungnya setelah saya mencopot tray holder yang terpasang di telepon, ternyata ukurannya adalah Micro SIM. Artinya OnePlus One menyediakan dua ukuran, Micro SIM yang terpasang dan cadangannya yang berukuran Nano SIM. Alhamdulillah, karena saya tidak perlu mengurus kartu yang baru agar bisa dipotong ke ukuran Nano SIM.

Nah, apalagi yang akan saya lakukan dengan OnePlus One yang baru tiba ini? Tampaknya saya akan lebih banyak berkreasi dengan Phonegap/Apache Cordova ke depannya.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *