Baru, TV Islami di Satelit Telkom-1

Sudah lama rasanya tidak berburu siaran FTA di berbagai satelit. Beberapa hari yang lalu iseng-iseng berselancar di situs LyngSat sekedar nongkrong di laman satelit Palapa-D dan Telkom-1. Hasilnya? Ternyata saat ini banyak stasiun televisi bernuansa Islam yang terdaftar di satelit Telkom-1. Menyusul TV MU milik kaum Muhammadiyah yang pertama kali memanfaatkan jasa satelit Telkom-1, sebelum satelit ini akhirnya dinyatakan akan diperpanjang masa operasinya. Berikut ini stasiun televisi yang baru tersebut.

Bunayya TV
Ini adalah kanal yang dikhususkan untuk anak-anak muslim. Intinya, mengajarkan Islam pada generasi muda.

Bunayya TV (Grup Nur Medinah Intermedia), Frek. 3722 H, SR. 3330

Bunayya TV (Grup Nur Medinah Intermedia), Frek. 3722 H, SR. 3330

UKM TV
Saluran televisi yang satu ini mengkhususkan diri untuk mengajarkan bagaimana berbisnis UKM yang halal dan thayyibah dari sisi syari’at Islam. Tentunya sangat bagus agar menghindarkan dari rejeki yang haram.

UKM TV (Grup Nur Medinah Intermedia), Frek. 3722 H, SR. 3330

UKM TV (Grup Nur Medinah Intermedia), Frek. 3722 H, SR. 3330

Surau TV dan Quran TV (Islam Channel)
Kedua saluran ini muncul secara bergantian. Pada pukul 5 pagi hingga 22 malam, yang ditayangkan adalah Surau TV. Di sisa waktunya yang ditayangkan adalah Quran TV berupa pengajian dari Arab Saudi yang merupakan relay siaran langsung dari satelit AsiaSat-5.

Tiga siaran di atas bisa diakses di frekuensi 3722, polaritas Horizontal dan symbol rate 3330. Ketiganya tergabung dalam Grup Nur Medinah Intermedia sebagaimana yang tercantum di laman web Lyngsat.

TV MUI
Nah yang ini adalah saluran televisi dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Tentunya sekitar kegiatan MUI akan diberitakan lewat kanal ini. TV MUI bisa diakses di frekuensi 3793, polaritas Horizontal, symbol rate 4000. Untuk saat ini, TV MUI beroperasi dari pukul 5 pagi hingga 19 malam.

MTA TV
MTA TV merupakan stasiun televisi yang baru, menyusul kiprah MTA di radio satelit yang sudah lama ada. Baik TV maupun radio MTA merupakan milik dari Majelis Tafsir Al-Quran. MTA TV ini tidak memiliki afiliasi apa pun dengan MTA (Muslim Television Ahmadiyya) International. Kanal ini bisa didaftar pada frekuensi 3920, polaritas H, symbol rate 3000.

MTA TV, Frek. 3920 H, SR. 3000

MTA TV, Frek. 3920 H, SR. 3000

Rasil TV
Stasiun televisi ini biasanya berisikan acara tentang perjalanan Islam sejak zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya radhiallahu ‘anhum ajma’in. Bisa diakses di frekuensi 3947, polaritas Horizontal, symbol rate 1500.

Rasil TV, Frek. 3947 H, SR. 1500

Rasil TV, Frek. 3947 H, SR. 1500

Ummat TV
Terakhir adalah Ummat TV. Sebenarnya ini bukan kanal Islami yang baru, hanya saja untuk satelit Telkom-1 merupakan pendatang yang bisa dibilang baru. Dahulunya, Ummat TV berada di satelit Palapa-D berasama dengan Wesal TV Indonesia dan Insan TV. Ummat TV masih di bawah grup Nur Medinah Intermedia menurut laman web Lyngsat, begitu pun dengan Wesal TV Indonesia dan Insan TV yang berada di satelit Palapa-D. Ummat TV bisa diakses di frekuensi 3895, polaritas Horizontal, symbol rate 2500.

Ummat TV, Frek. 3895 H, SR. 2500

Ummat TV, Frek. 3895 H, SR. 2500

Demikianlah beberapa stasiun televisi Islamy yang mungkin bisa menambah keilmuan dan amal kebaikan ummat Islam di Indonesia. Semoga bermanfaat.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *