Belanja Daring dengan BNI Debit Online

Sudah tak terhitung lagi berapa banyak transaksi finansial yang saya lakukan selama ini ketika daring di internet. Selama itu pula saya selalu melakukan kegiatan transaksi yang bersifat tunai. Saya berusaha menghindari transaksi yang bersifat kredit, sehingga sampai saat ini saya hanya memiliki kartu ATM yang merangkap kartu debit. Namun sayangnya, penggunaan kartu debit tidak secerah saudaranya si kartu kredit, terutama untuk kegiatan belanja lintas negara.

Alhamdulillah, banyak terobosan yang telah bermunculan untuk mengatasi keterbatasan belanja daring. Mulai dari koin elektronik, tukar pulsa dan lain-lain. Untuk beberapa kartu debit sendiri sudah bisa digunakan untuk beberapa merchant khusus yang telah melakukan kerjasama. Inovasi paling bagus yang saya rasakan saat ini adalah fitur VCN (Virtual Card Number) bagi pemegang kartu debit Mastercard dari BNI. VCN berfungsi sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang sumber dananya berasal dari rekening tabungan/giro perorangan.

Sebagaimana nomor kartu debit/kredit, VCN terdiri dari 16 angka (digit). Masa berlaku VCN adalah 1 jam dan hanya dapat digunakan 1 kali transaksi per request VCN. Saat ini VCN dapat diperoleh melalui SMS atau USSD dari sistem BNI ke nomor handphone nasabah pemegang BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking (transaksi financial/non financial).

Selain dapat melakukan kegiatan transaksi finansial secara daring, dengan menggunakan VCN ini maka transaksi yang kita lakukan juga aman, tanpa cemas atas kemungkinan resiko kerugian yang diakibatkan oleh cyber fraud, karena nomor kartu asli terjaga kerahasiaannya. Jangka waktu penggunaan yang hanya satu jam, juga akan makin mengurangi resiko penipuan. Keuntungan lainnya, VCN akan memudahkan kita untuk mengatur finansial/budget berbelanja, karena kita dapat menentukan sendiri batas maksimum yang bisa dibelanjakan pada setiap nomor VCN.

Hingga saat ini, saya sudah menggunakan VCN untuk beberapa kegiatan transaksi finansial seperti mendaftar untuk pengembang Google Play dan membayar beberapa item dari Google Play. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses laman berikut.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *