Basmi Manual WonderlandAds

Kemarin aku mengalami kejadian yang sangat tidak nyaman dengan perambah Firefox dan Chrome yang terpasang di laptop. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan kecuali munculnya berbagai macam jendela pop-up ketika mengklik laman suatu web yang terbuka. Mulanya aku merasa ini hanya dialami di Firefox. Namun ketika mencoba lewat Chrome, terjadi hal yang sama. Untungnya adware ini hanya menjangkiti laman yang tidak diamankan dengan SSL, sehingga laman yang terbuka via https tidak terpengaruh. Jeleknya adware ini adalah membuka hingga lebih dari satu jendela pop-up setiap sekali klik. Merepotkan sekali. Dan ketika mencoba perambah bawaan Windows, seperti Internet Explorer atau Microsoft Edge, masalah ini tidak terdeteksi.

Apa langkah pertama yang harus dilakukan? Tentu saja memeriksa ekstensi apa yang terpasang di perambah. Bila ada yang mencurigakan, segera hapus extensi tersebut.

Setelah langkah tersebut, lalukan pemeriksaan terhadap aplikasi-aplikasi yang terpasang di sistem. Hapus segala aplikasi yang mencurigakan.

Sampai langkah ini, silakan coba perambah, apakah masalahnya masih ada atau tidak. Bila masalahnya masih ada, cobalah untuk menggunakan beberapa aplikasi semisal ADWCleaner, Malwarebytes, Plumbytes Anti-Malware atau yang sejenisnya. Apabila setelah langkah ini masih masalah tersebut masih belum hilang, mungkin perlu dilakukan pemeriksaan manual.

Pemeriksaan manual untuk firefox adalah dengan mencari berkas-berkas yang mengandung kata “wonderland” di folder %USERNAME%/AppData/Local/Mozilla. Sedangkan untuk Chrome carilah di folder %USERNAME%/AppData/Local/Google/Chrome/User Data. Sebaiknya pencariannya secara menyeluruh bahkan untuk berkas-berkas jenis binary. Jangan ragu untuk menghapus berkas yang mencurigakan. Untuk melakukan pencarian seperti ini, aku menggunakan aplikasi KFind, bawaan aplikasi manajemen berkas Konqueror dari KDE.

Pencarian Kata dalam Berkas dengan KFind untuk WonderlandAds

Pencarian Kata dalam Berkas dengan KFind untuk WonderlandAds

Pencarian Kata dalam Berkas dengan KFind untuk WonderlandAds

Pencarian Kata dalam Berkas dengan KFind memperlihatkan string yang bersesuaian untuk WonderlandAds

Kembali lakukan ujicoba di perambah, apakah masalahnya masih muncul? Bila masih muncul, coba lakukan pengaturan ulang untuk setiap perambah. Dan bila ternyata setelah itu masalahnya masih tetap ada. Langkah terakhir adalah dengan pemasangan ulang perambah.

Semoga bermanfaat.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *