Hore, Penawaran Pertama yang Lolos

Menurut hitungan sejak pertama kali mendaftar, sebenarnya sudah lama aku menjadi member di sebuah Lapak Pencari Kerja Online Projects.co.id. Sayangnya karena terlalu sibuk dengan pekerjaan utama, aku tidak pernah tertarik dengan berbagai tawaran yang masuk. Setelah beberapa pekan terakhir ini, meninjau pekerjaan di kantor yang sudah lumayan berkurang intensitasnya, barulah aku menyempatkan diri untuk melihat beberapa tawaran pekerjaan.

Aku sendiri berlangganan berita pekerjaan untuk kategori aplikasi desktop, web, mobile/hybrid, Arduino dan RFID. Kalau mau dihitung, baru sekitar belasan tawaran yang aku ikuti dan semuanya berakhir dengan gagal. Baru hari ini penawaran pertama aku berhasil diterima. Sebuah tawaran untuk membuat aplikasi desktop yang akan digunakan secara internal untuk keperluan jual-beli pulsa.

Konsep dari aplikasi ini cukup sederhana, para agen pulsa ketika akan melakukan permintaan pengiriman pulsa, akan menggunakan media pesan berbasis GTalk/Hangouts. Pesan dikirimkan ke akun GTalk/Hangouts distributor dan akan diparsing. Hasil parsing kemudian dikirimkan ke web server. Hasil request kemudian akan diterima dan diolah serta dikirimkan kembali ke agen. Sederhananya bisa dilihat pada diagram berikut.

Agen [Gtalk/Hangouts] <=> Distributor [GTalk/Hangouts] <=> Web Server/API

Nah, aplikasi tersebut dibutuhkan di sisi distributor, jadi bisa diistilahkan sebagai middleware –atau dalam istilahku: adapter. Dengan coba-coba mengerjakannya sejak kemarin, mulai dari purwarupa yang menggunakan teknologi HTML5/JavaScript/PHP, akhirnya aku pun mengerjakannya menggunakan C# sebagai aplikasi desktop. Dan akhirnya hari ini, aku ditetapkan sebagai pemenang penawaran tersebut.

Tampaknya cukup menarik juga mengerjakan hal-hal ringan seperti ini, terutama di akhir pekan. Aku sendiri hanya akan menyasar pembuatan aplikasi-aplikasi ringan atau hobi seperti ini. Karena untuk urusan aplikasi yang besar, aku sudah punya rencana sendiri untuk membuat startup sendiri. Tentunya tidak lupa untuk mengembangkan aplikasi SLiMS yang sudah ada.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *