Proses Transfer Domain Berhasil!

Alhamdulillah, pagi ini saya membuka surel yang masuk dan mendapatkan kabar gembira. Kabar bahwa proses transfer domain Sutriadi Web berhasil dilakukan dari PANDI ke Niagahoster. Proses transfer domain ini harus dilakukan karena sejak tanggal 19 Oktober 2012 PANDI terhitung tidak lagi menerima pendaftaran domain ID yang baru, kecuali .go.id, .mil.id dan .net.id.

Tahun 2013 lalu, saya melakukan transfer domain Khutbah Jum’at Bebas ke salah satu mitra PANDI yang terdaftar di laman depan member PANDI. Sedangkan untuk domain Sutriadi Web, proses transfer baru saya lakukan tahun 2014 ini karena sebelumnya terdaftar di PANDI selama dua tahun sejak 2012. Dan kali ini saya memutuskan untuk tidak menggunakan mitra PANDI yang ada di laman situs tersebut. Saya berinisiatif untuk menggunakan jasa salah satu registrar domain yang sudah saya gunakan sejak tahun 2012.

Proses transfer saya mulai setelah hari raya Idul Fithri kemarin, kira-kira 16 hari sebelum masa aktif domain berakhir. Sayangnya proses transfer tidak berjalan mulus, karena harus disetujui pihak registrar sebelumnya –dalam hal ini PANDI, tapi hingga beberapa hari menunggu tampaknya tidak ada perubahan apa-apa. Hal ini berbeda ketika saya melakukan transfer domain tahun 2013 lalu, yang terasa lebih cepat hanya berselang sekitar sehari.

Karena galau, saya pun sempat mendaftar ke beberapa registrar mitra PANDI, tapi untungnya belum sampai melakukan transfer uang atau melakukan deposit. Hingga akhirnya surel yang menyatakan proses transfer domain berhasil tiba per tanggal 1 Agustus. Saya berpikir, mungkin menunggu proses libur hari raya selesai ya? Hehehe. Apa pun prosesnya, saya bersyukur proses transfer berhasil.

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *