Banyak Domain di Satu Google Apps

Layanan gratisan Google Apps memang sudah tidak ada lagi dengan hanya menyisakan layanan berbayar. Meski demikian, Google tidak serta merta menghapus pelanggan yang telah menggunakan layanan gratisan selama ini. Pengguna layanan gratisan tetap bisa menggunakannya tanpa takut akan dibebankan biaya apa pun. Alhamdulillah, ada cukup banyak Google Apps yang berhasil saya daftarkan untuk beberapa domain termasuk domain yang sudah tidak aktif lagi.

Dan, sekali lagi alhamdulillah, ternyata selain tetap mempersilakan pengguna layanan gratisan Google Apps, pihak Google juga menyediakan fasilitas agar pengguna bisa menggunakan lebih dari satu domain di atas Google Apps. Saya termasuk yang memanfaatkan fitur ini. Setidaknya saya mendaftarkan domain baru sutriadi.com di atas Google Apps milik domain utama sutriadi.web.id.

Sayangnya fitur ini tidak mengijinkan untuk mengubah domain utama. Yang diijinkan adalah menggunakan alamat surel dari domain tambahan sebagai admin Google Apps. Setidaknya dengan hal ini maka tidak perlu membeli paket bisnis Google Apps, setidaknya bisa menggunakan yang sudah ada. Menyenangkan bukan?

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *