Berkas CSV Daftar Kode Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan

Biasanya ada banyak kendala yang menyulitkan seorang pembuat program ketika berhubungan dengan sensus. Di antara sekian banyak salah satu masalah tersebut adalah tentang daftar nama daerah atau wilayah, mulai dari Provinsi, Kabupaten hingga Kecamatan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut berikut adalah berkas dalam format CSV (Comma-separated values) yang berisi kode dan nama daerah mulai dari Provinsi, Kabupaten hingga Kecamatan. Walau pun minus data Desa atau Kelurahan, apa yang disajikan di berkas ini sudah mencukupi untuk kebutuhan pembuatan program yang melakukan pencacahan hingga tingkat Kecamatan. Untuk mengakali tingkat Desa atau Kelurahan, dalam aplikasi mungkin tinggal menambahkan baris tambah Desa atau Kecamatan secara manual.

Berkas CSV ini memiliki kolom berupa wilayah_id, kode_wilayah, nama, id_level_wilayah dan mst_kode_wilayah. wilayah_id merupakan kode unik buatan untuk setiap wilayah. kode_wilayah merupakan kode nomor terstruktur untuk setiap wilayah. nama berisi nama wilayah. id_level_wilayah merupakan nomor kode level wilayah bersangkutan, 0 untuk negara, 1 untuk provinsi, 2 untuk kabupaten dan 3 untuk kecamatan. mst_kode_wilayah merupakan kode_wilayah referensi untuk wilayah tersebut, untuk provinsi akan mengarah pada negara, kabupaten akan mengarah pada kode_wilayah provinsinya, kecamatan akan mengarah pada kode_wilayah kabupatennya.

Setidaknya, sebelum mengimpor berkas CSV ini, perlu dibuat satu tabel master wilayah yang strukturnya seperti yang dijelaskan di atas.

Berkas CSV Daftar Kode Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan

sutriadi

Moslem, physician teacher, amateur programmer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *